Wednesday, December 20, 2017

China Trip – Part 2 - Persiapan lagi

Persiapan (iyaaa lagi haha)

Nah kalau visa udah beres, waktunya itinerary di rampungkan…untuk ke China ini, ada satu website yang kudu wajib kita baca, seriussss….sebetulnya ini website tour agent sana tapi informative bangettt jadi bisa dijadiin referensi kita… www.travelchinaguide.com, selain itu juga seperti biasa, check comment orang-orang di Tripadvisor.

Penginapan. Untuk penginapan, kita selalu menggunakan sewa apartemen via airbnb, kenapaaa?? karenaaaa 1) pergi dengan anak-anak yang makannya kadang pake mood jadi suka laper di jam jam ajaib 2) kemungkinan sulit dapetin makanan halal 3) terasa homey jadi anak-anak ngga perlu jauhan kamarnya sama kita, kalau hotel belum tentu dapet yang connecting rooms 4) paling penting: harganya jauhhh dibanding hotel kalau rombongan semacam kami yang 6 orang (tenanggg…anak kita memang banyak tapi Cuma 3, yang satu lagi itu tante mereka yang selalu jadi satu paket sama si sulung dan si tengah kalau travelling hehe)…. Nahhh kalau mau coba airbnb untuk pertama kali bisa pake link ini http://abnb.me/e/oTlLshXUTE nanti dapet diskon IDR 350.000 untuk pemakaian pertama (nanti saya juga dapet 181.000 hehehe lumayan kann berbagi happiness)

Internet. Nah soal internet ini, di China itu sangat sangat di atur ya, social media kayak facebook sama Instagram itu ngga bisa di akses disana. Tapi kalau Path masih bisa. Begitu juga search engine nya, kalau pake safari atau google pastinya lamaaaa banget terus error, jadi gunakan lah search engine Bing selama disana. Whatsapp bisa dipake disana walaupun banyakan orang Chinese sana pakai Wechat. Buat map nya, jangan pake google map, tapi gunakan lah Baidu map atau kalau yang pake iphone kayak saya, pake apple map yang emang udah tersedia di iphone juga oke banget disana. Untuk peta subway, saya pake apps MetroMan, isinya udah ada Beijing Xi’an dan Shanghai dan bisa dipake offline. Jangan lupa semua di download pas masih di Indo sini yaaa, terus email-email penting yang berisi konfirmasi segala sebaiknya di print dan dibawa, just in case disana ngga bisa akses.

Global Wifi. Terus gimana kita bisa tetep eksis dan update segala macam status kitaaaa… nah kita bisa sewa global wifi dari Indo sini, ingat ya sewa dari indo, kalau sewa disana atau beli simcard sana mah sami mawon, kena block semua… ada beberapa provider yang bisa tinggal di googling aja, kemaren sih kita coba dari treepmore (@treepmore IG nya), murah sih hanya 60rb an per hari, Cuma selama disana sinyalnya rada memelas gitu, butuh kesabaran tinggi, malah kalau pas keluar dari kotanya sinyal malah bisa lebih kenceng (waktunya update status dimuleiiii…haha)… jadi kalau sekedar buat WA an sih aman, tapi lebih dari itu harus sabar…

baca selanjutnya -- Persiapan Transportasi

No comments:

Post a Comment